Apa itu BPJS Ketenagakerjaan & Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan JHT

BPJS Ketenagakerjaan cek saldo secara lengkap akan dibahas disini. Namun, sebelum itu apa yang dimaksud dengan BPJS?


BPJS adalah lembaga atau badan penyelenggara jaminan sosial untuk masyarakat Indonesia. Seperti yang diketahui, BPJS terbagi menjadi 2 yaitu BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan. Dimana kedua elemen ini sangat penting bagi para pegawai perusahaan di Indonesia. BPJS Kesehatan mengatur kesejahteraan kesehatan masyarakat/pekerja sedangkan BPJS Ketenagakerjaan sendiri mengatur kesejahteraan serta jaminan hari tua untuk pekerja.

Lalu, apa yang dimaksud dengan BPJS Ketenagakerjaan? Apa saja manfaatnya untuk pekerja? Semua itu akan dibahas secara lengkap disini. Simak penjelasannya berikut.

Apa Itu BPJS Ketenagakerjaan?


BPJS Ketenagakerjaan adalah sebuah lembaga yang bertanggung jawab kepada Presiden untuk memberikan hak perlindungan kepada pekerja di Indonesia, baik itu yang bekerja di sebuah perusahaan ataupun yang statusnya sebagai pekerja lepas (freelance). Perusahaan tempat anda bekerja wajib mendaftarkan semua karyawannya untuk menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. Selain itu, perusahaan juga wajib menanggung sebagian biaya iuran BPJS Ketenagakerjaan setiap bulannya. Sementara itu, bagi anda yang freelance, anda bisa mendaftarkan diri anda sendiri dan membayar uang kepesertaan sesuai dengan Upah Minimum Provinsi (UMP).

Bagaimana jika perusahaan tempat anda bekerja tidak mau mendaftarkan karyawannya di BPJS Ketenagakerjaan? Anda bisa melapor ke kantor BPJS Ketenagakerjaan setempat agar ditindaklanjuti. Selain pekerja Indonesia, BPJS Ketenagakerjaan juga memberikan perlindungan kepada Warga Negara Asing (WNA) yang bekerja di Indonesia selama 6 bulan. Perlindungan yang diberikan diantaranya Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Kematian (JK), dan Jaminan Pensiun (JP).

BPJS Ketenagakerjaan cek saldo Jaminan Hari Tua ternyata sangat mudah, namun sebelum itu kami akan menjelaskan terlebih dulu program-program yang diberikan BPJS Ketenagakerjaan.

Program BPJS Ketenagakerjaan


BPJS Ketenagakerjaan memiliki banyak program untuk pesertanya, diantaranya adalah ketiga program berikut ini :

Jaminan Hari Tua (JHT)


Jaminan Hari Tua atau JHT adalah salah satu program dari BPJS Ketenagakerjaan. Untuk program ini, perusahaan akan menanggung sebanyak 3.7 persen dari total iuran karyawan yang telah didaftarkan BPJS Ketenagakerjaan. Dulu, dana ini hanya bisa diklaim oleh karyawan yang telah memasuki masa pensiun, yaitu berusia 56 tahun. Namun, JHT juga bisa diambil jika peserta belum mencapai usia 56 tahun namun sudah terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan selama 10 tahun dengan ketentuan antara lain :


  • Diambil maksimal 10% dari total saldo sebagai persiapan dana pensiun.
  • Diambil maksimal 30% dari total saldo untuk uang perumahan.
Pengambilan sebagian ini hanya bisa dilakukan sekali selama menjadi peserta. Selain untuk dana pensiun, JHT juga diperuntukkan untuk karyawan yang cacat total ataupun meninggal dunia.

Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK)


Program ini bertujuan untuk memberikan kompensasi dan rehabilitasi bagi pekerja yang mengalami kecelakaan pada saat bekerja atau menderita penyakit akibat hubungan kerja. Iuran JKK dibayarkan sepenuhnya oleh perusahaan, yaitu 0,24 persen hingga 1,74 persen sesuai dengan kelompok usaha.



Jaminan Kematian (JKM)


Program Jaminan Kematian ini diperuntukkan untuk ahli waris jika peserta meninggal bukan karena kecelakaan kerja. Uang tunai atau santunan yang diberikan totalnya hingga Rp 36 Juta, dimana 21 Juta diberikan langsung dan 3 Juta untuk uang pemakaman. Serta 12 Juta untuk beasiswa pendidikan anak jika peserta tersebut sudah 5 tahun terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan.


Selain tiga program di atas, BPJS Ketenagakerjaan juga memiliki program Bukan Penerima Upah, Jasa Kontruksi dan Program Jaminan Pensiun. Informasi lengkapnya bisa anda lihat disini.

Manfaat Memiliki BPJS Ketenagakerjaan 


Selain manfaat yang sudah disebutkan di atas, ternyata masih ada manfaat BPJS Ketenagakerjaan yang lain. Misalnya, bantuan pinjaman uang muka untuk pembelian rumah, program beasiswa bagi anak pekerja kurang mampu, dan pelatihan-pelatihan untuk menurunkan risiko kecelakaan kerja. Untuk manfaat ini biasanya berlaku untuk peserta yang sudah terdaftar selama lima (5) tahun di BPJS Ketenagakerjaan.


Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan

Ingin tahu berapa saldo BPJS Ketenagakerjaan anda saat ini? Tidak perlu ribet, karna selain lewat kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan, kini peserta juga bisa mengecek saldo BPJS lewat online maupun SMS. 
Lantas, bagaimana langkah-langkah mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan? Simak ulasannya berikut ini : 

Datang Langsung Ke Kantor BPJS Ketenagakerjaan

Salah satu langkah BPJS Ketenagakerjaan cek saldo adalah dengan datang langsung ke kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan terdekat. Disini peserta akan dibantu oleh petugas untuk mengeprint slip saldo mereka. Namun, cara ini mulai ditinggalkan karena kini ada cara yang lebih praktis untuk mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan. 

BPJS Ketenagakerjaan Cek Saldo Lewat ATM BNI

Untuk meningkatkan pelayanaannya, BPJS Ketenagakerjaan bekerja sama dengan Bank BNI untuk memudahkan peserta dalam melakukan pengecekan saldo. Cara ini hanya untuk nasabah Bank BNI, dimana peserta bisa mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan lewat ATM BNI.

Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Lewat Aplikasi BPJSTK Mobile

Bagi pengguna smartphone Android/iOS kini anda bisa mengecek saldo BPJS lewat aplikasi BPJSTK Mobile. Download aplikasi terlebih dahulu di App Store atau Google Play Store. Jika sudah, anda bisa Log In menggunakan email yang telah didaftarkan. Setelah itu, masuk ke menu Cek Saldo JHT, nanti akan muncul informasi saldo anda. Selain mengecek saldo, aplikasi ini juga menyediakan informasi program BPJS Ketenagakerjaan dan simulasi JHT.

Cara Cek Saldo BPJSTK Via Online

Selain lewat aplikasi, anda juga bisa mengecek saldo lewat website resmi BPJS Ketenagakerjaan atau langsung kunjungi link berikut https://es.bpjsketenagakerjaan.go.id/#tenagakerja Setelah itu, log in dengan menggunakan email yang anda daftarkan. Langkah selanjutnya, pilih menu Lihat Saldo JHT. Kemudian pilih KPJ BPJS Ketenagakerjaan dan klik SUBMIT. Informasi saldo anda akan tertera di layar.

Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Lewat SMS

Satu lagi, cara mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan mudah yaitu dengan SMS. Format SMS-nya adalah DAFTAR SALDO#NO.KTP#NAMA PESERTA#TANGGAL LAHIR(DDMMYYYY)#NO. KARTU BPJS TK / JAMSOSTEK lalu kirim ke nomor 2757. Setelah itu, tunggu balasan dari pihak BPJS. Namun, sayangnya layanan ini hanya berlaku untuk pengguna Telkomsel dan Indosat saja. Untuk kartu GSM yang lain, sementara masih belum bisa.

Kemudahan diberikan BPJS Ketenagakerjaan demi kenyamanan pesertanya. Kini, anda bisa memilih cara mana yang paling mudah untuk mengecek saldo Jaminan Hari Tua (JHT) tanpa harus datang ke kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan.

Demikian informasi mengenai BPJS Ketenagakerjaan cek saldo, semoga bisa memberikan pencerahan dan tidak bingung lagi soal program BPJS Ketenagakerjaan ini. Tak kenal maka tak sayang, lewat artikel ini anda bisa mengenal lebih tentang BPJS Ketenagakerjaan dan diharapkan memudahkan anda dalam mendapatkan berbagai keuntungannya. Mulai dari jaminan di hari tua, perlindungan jiwa serta dana pendidikan anak anda semua tercakup dalam layanan BPJS Ketenagakerjaan ini.
  
Jangan lupa share artikel ini ya! 

0 Response to "Apa itu BPJS Ketenagakerjaan & Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan JHT"

Post a Comment