Penggunaan Kartu BPJS Kesehatan


Kartu BPJS Kesehatan diperoleh  setelah semua proses pendaftaran selesai dan kartunya sudah di tangan peserta pendaftar BPJS. Setelah itu, Anda sudah bisa menggunakannya untuk berobat atau opname di rumah sakit tanpa harus membayar karena biaya ditanggung oleh BPJS. Dengan catatan, Anda membayar iuran setiap bulan dengan nominal sesuai dengan kelas yang dipilih.  Bagi Anda pendaftar baru yang masih bingung atau bahkan belum tahu sama sekali mengenai ketentuannya, maka Anda wajib mengetahui  mengenai prosedur atau cara berobat dengan menggunakan BPJS.

Dalam proses registrasi awal, Anda akan diminta untuk memilih fasilitas kesehatan tingkat 1. FASKES 1 adalah tempat berobat pertama yang bisa Anda datangi untuk berobat dengan menggunakan BPJS.  Bisa dikatakan ini adalah pemberi pelayanan pertama ketika berobat. Yang termasuk fasilitas kesehatan tingkat 1 di antaranya Puskesmas atau yang setara, Praktik Dokter Umum, Praktik Dokter Gigi, dan Klinik Pratama atau yang setara. Muncul pertanyaan bagaimana jika Anda sakit dalam keadaan darurat dan tidak bisa ditangani oleh FASKES 1? Apakah bisa langsung datang ke rumah sakit?

Bagi Anda yang membutuhkan penanganan lebih lanjut ke rumah sakit, maka FASKES 1 akan memberikan surat rujukan ke rumah sakit yang sudah bekerja sama dengan pihak BPJS. Setelah mendapatkan surat rujukan, barulah Anda bisa datang ke rumah sakit sebagai pasien yang nantinya semua biaya ditanggung oleh BPJS. Tanpa membawa surat rujukan dari FASKES 1, Anda dianggap sebagai pasien umum yang artinya harus menanggung biayanya sendiri.

Namun, bagi Anda yang tidak sempat memeriksakan diri ke FASKES 1 mengingat kondisi sudah tidak memungkinkan, maka Anda bisa langsung datang ke rumah sakit sebagai pasien darurat dengan memasuki UGD atau Unit Gawat Darurat. Yang disebut pasien darurat adalah mereka yang membutuhkan penanganan secepatnya dan terancam kematian, misalnya ibu yang akan melahirkan atau pasien kecelakaan. Jika kondisinya memang benar-benar tidak memungkinkan, maka kartu BPJS Kesehatan bisa Anda gunakan secara langsung di rumah sakit tanpa harus repot-repot meminta rujukan dari FASKES 1.

0 Response to "Penggunaan Kartu BPJS Kesehatan "

Post a Comment