Cetak Kartu BPJS Melalui e-ID


Cetak kartu BPJS kini tak perlu dilakukan dengan menunggu lama antrian di kantor BPJS. BPJS telah meluncurkan jenis pelayanan baru secara online bagi peserta yang melakukan pendaftaran sampai pencetakan kartu. Selain meringankan petugas BPJS dalam melayani pendaftar yang sangat banyak, layanan ini juga mempermudah pendaftar karena mereka bisa melakukannya sendiri. Dengan begitu, petugas BPJS tidak akan kewalahan lagi dalam melayani pendaftar dan jumlahnya pendaftar yang datang langsung ke kantor pun secara otomatis menjadi berkurang.

Bagi Anda yang sibuk dengan aktivitas kesehariannya sehingga tidak sempat untuk mengurus pembuatan kartu BPJS, layanan ini bisa menjadi solusinya. Dengan tersedianya layanan secara online, Anda bisa segera mendaftarkan diri sebagai peserta BPJS. Perlu diingat bahwa layanan BPJS sangat penting bagi Anda dan keluarga untuk mendapatkan jaminan kesehatan di masa mendatang, dengan catatan Anda harus membayar iuran setiap bulan sesuai dengan kelas yang dipilih masing-masing sebagai peserta BPJS.

Kartu BPJS yang dicetak secara mandiri ataupun yang diberikan langsung oleh petugas BPJS, jika dilihat dari segi fungsi dan manfaatnya sebenarnya sama saja dan tidak ada perbedaan. Keduanya bisa digunakan untuk memperoleh layanan kesehatan yang semestinya. Hanya saja, penampilannya sedikit berbeda. Yang perlu diperhatikan dalam menggunakan layanan ini adalah ketelitian dalam pengisian data. Data yang Anda masukkan sendiri secara online harus sesuai dan usahakan agar tidak terjadi kekeliruan. Jika sampai salah memasukkan data, maka kartu yang nantinya akan Anda cetak pasti akan berisi data yang salah. Jika memang demikian, data Anda harus segera diperbaiki dengan datang langsung ke kantor BPJS terdekat. Usahakan hal ini tidak terjadi karena bukannya mempermudah dan mempercepat proses, tapi justru memakan waktu yang lebih lama.

Jadi Anda tidak perlu ragu lagi untuk menggunakan dan memanfaatkan layanan e-ID yang disediakan oleh BPJS. Segera lakukan registrasi melalui layanan e-ID dari, mulai pengisian formulir online hingga cetak kartu BPJS. Semuanya bisa Anda lakukan secara mandiri. Sekali lagi, tidak terdapat perbedaan antara kartu yang dicetak sendiri dengan yang diperoleh langsung dari Kantor BPJS. Justru cara ini lebih mudah dan praktis tanpa harus antri.

22 Responses to "Cetak Kartu BPJS Melalui e-ID"

  1. saya mau cetak kartu bpjs kesehatan, iuran sudah saya bayar, bagaimana cara cetak kartunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masuk ke akun email anda, buka inbox, terus buka email dari admin bpjs, klik kembalik link aktivasi yg tersedia yg kmrn anda gunakan untuk download nomor virtual acount anda. Kalau anda sdh membayar, otomatis akan tersedia file pdf e-id anda.

      Delete
    2. Tapi hasil Download PDF ID BPJS kosong... ga ada kartunya... Mohon Solusinya...

      Delete
    3. Punya saya juga PDF ID BPJS Kosong, bagaimana caranya? thx

      Delete
    4. Bener pny saya dua2 juga kosong.padahal tahun 2014 bisa.sekarang pdf setelah di klik juga kosong.jangan klik tombol aktivasi kembali dibawah yg harus masukan nomer kodenya krn nanti restart lagi jadi belum membayar.

      Delete
    5. Bener pny saya dua2 juga kosong.padahal tahun 2014 bisa.sekarang pdf setelah di klik juga kosong.jangan klik tombol aktivasi kembali dibawah yg harus masukan nomer kodenya krn nanti restart lagi jadi belum membayar.

      Delete
  2. Saya punya kartu e-id BPJS kesehatan dari kantor suami saya tetapi dicetak nya terlalu besar,jadi saya ingin cetak ulang tapi saya tidak punya akun bpjs online..bagaimana caranya ya agar saya bisa cetak lagi e-ID nya? terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. waktu mencetak skala pada printer di perkecil misal 90 persen

      Delete
  3. Saya mau tanya
    Saya sudah dapat email dari admin bpjs tetapi email dari admin bpjs tidak sengaja ke hapus bagaimana cara mencetak eID ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya saya juga kehapus bagaimana jadinya ya??

      Delete
  4. Saya mau tanya
    Saya sudah dapat email dari admin bpjs tetapi email dari admin bpjs tidak sengaja ke hapus bagaimana cara mencetak eID ya?

    ReplyDelete
  5. Sudah menerima virtual account, trus disuruh nunggu 14 membayar iuran pertama untuk bisa cetak e-id bpjsnya, tgl 29 kemarin udah genap 14 hari dan sudah membayar sudah klik aktifasi kok masih tertera "belum membayar"?

    ReplyDelete
  6. kasus saya juga sama kayak kasus Unknow
    gimana yah solusinya ada yg tau ga ??

    ReplyDelete
  7. sama juga disini...
    setelah membayar, kemudian buka dari link aktivasi di e-mail... cetak E-ID aktif tapi gak bisa di download... kemudian klik tombol aktivasi... e e e cetak E-ID malah jadi belum membayar... BAGAIMANA INI ??!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udh bisa cetak e-id nya blm ?? Soalnya saya lg ngalamin hal yg sama nih .. gimana yaa ???

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. kasus yang sama seperti saya.
      dan sampai saat ini masih belum bisa mencetak.

      Delete
    4. Klo mau cetak datang langsung ke kantor bpjs nyaa .. Saya jg kemarin gtuh datang langsung bikin nya online

      Delete
  8. Iya sama kayak kalian2, statusnya belum membayar, padahal udah bayar kemarin tgl 31, tapi saya status BPJS nya sdh aktif

    ReplyDelete
  9. tolong bantuan nya saya mau cetak eid nya knpa ga bisa yaa ?

    ReplyDelete
  10. udh dilakukan pembayaran dan statusnya udah aktip tp eid nya blm bisa di cetak gmana ya solusinya ? kartu nya mau dipake kalau kita harus ke kantor cabang bpjs kesehatannya tapi kan ini online

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus datang langsung ke kantor bpjs nyaa tidak bisa cetak sendiri karna takut di salah gunakan .. Tidak lama ko cetak nya hanya 5 menit yg lama nunggu antrianya 🙂🙂

      Delete